Featured Post

Mudik dengan Tiket Pesawat Murah

Mudik Lebaran tentunya berbeda dengan ‘pulang kampung’. Jika di kesempatan lain kita bisa mendapatkan tiket dengan mudah, berbeda dengan ketika mudik Lebaran. Selain harga yang melangit, penerbangan pun terbatas. Lalu bagaimana agar kita bisa tetap mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah?





1. Menyusun Rencana Jauh-jauh Hari
Setiap hal harus direncanakan dengan matang, termasuk acara mudik. Apalagi ini terjadi hanya setahun sekali. Tentunya persiapan yang maksimal dibutuhkan agar acara mudik bisa berjalan baik.

Beberapa penjualan tiket online telah memasang harga tiket mudik di H-40. Tentunya harga telah berubah jauh dari harga normal. Maka disarankan agar memesan tiket sekurangnya di H-60 sampai H-70 hari untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Biasanya, pada masa ini, masih banyak tiket promo yang disediakan oleh maskapai. Pandai-pandailah melihat situasi pergerakan harga di sekitaran hari-hari tersebut.

2. Memilih Rute Alternatif 

Harga tiket pesawat sering tidak bisa diprediksi di moment Lebaran. Anda bisa mencari alternative dengan memilih rute lain, misal memilih penerbangan ke kota yang terdekat dengan kota tujuan Anda, lalu menyambungnya dengan kendaraan. Anda juga bisa menggunaan penerbangan dengan transit jika penerbangan langsung jauh lebih mahal. Perhatikan durasi transit. Sebab bila durasi transit terlalu panjang, resikonya Anda akan terlalu lelah.

3. Bisa Menggunakan Maskapai yang Bagus
Momen mudik Lebaran biasanya adalah ajang promo bagi beberapa maskapai penerbangan. Tak terkecuali maskapai penerbangan yang mahal atau full service. Bagi Anda yang biasa berhemat dengan menggunakan maskapai penerbangan bertarif rendah, bisa mencoba mengecek tariff penerbangan full service di moment Lebaran ini Kadang, harga menjadi berbeda tipis tetapi pelayanannya berbeda jauh. Carilah waktu yang pas untuk mengecek harga dan memesan. Jika beruntung, Anda bisa terbang dengan maskapai full service dengan harga murah.

4. Pilih Penerangan Tengah Malam atau Dini Hari. 

Biasanya, penerbangan tengah malam atau menjelang Subuh jauh lebih murah. Strategi ini juga dapat digunakan saat mudik Lebaran. Penerbangan saat Sahur adalah pilihan yang paling banyak diminati para pemudik. Bersegeralah mengecek harga untuk penerangan di saat-saat itu.

5. Mengecek Harga di Online Travel Agent

Miliki aplikasi Travel Agent. Lalu rutin mengecek harga tiket pesawat akan mematangkan rencana mudik. Bandingkan harga tiket di online travel lain. Anda harus memiliki banyak referensi dan membandingkan harga tiket. Online Travel Agent biasanya memasang harga berbeda dengan ketentuan yang berbeda pula. Pastikan untuk mengecek hingga harga final. Jangan sampai harga yang harus Anda bayar lebih tinggi dari harga awal yang terpampang di layar pencarian Online Travel Agent. (erin)

Komentar