Featured Post

Ngupil? Duh, Ini Akibatnya

Apakah Anda termasuk orang yang senang mengupil? Hati-hati ternyata hal yang nampak sepele ini bisa berakibat fatal.



Nah, kebiasaan ini harus segera dihentikan. Menurut dr. S. Hendradewi, dokter spesialis THT, mengupil bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Tak hanya infeksi biasa, ternyata kebiasaaan mengupil bisa menyebabkan gangguan yang lebih serius, yaitu radang otak.

Kemungkinan ini disebabkan jika terjadi lubang akibat luka di batas atas hidung, yang berbatasan dengan tengkorak yang akan mengakibatkan munculnya infeksi, seperti mimisan, yang lebih fatal lagi jika terjadi abses atau bisul di dalam hidung akibat luka saat mengorek hidung. "Perlu diingat batas atas hidung adalah kranium (tengkorak), kalau muncul lubang menembus batas atas dari hidung bisa terjadi radang otak. Apalagi kalau punya (penyakit) gula," tambah Hendradewi.

Resiko tidak berkurang saat Anda mengupil dengan bantuan alat seperti cotton buds atau korek kapas. Malahan resikonya akan lebih besar. Hal ini dikarenakan hidung memiliki banyak pembuluh darah yang sensitif. “Cotton bud itu tidak boleh untuk telinga dan hidung. Alasannya, pertama kalau untuk telinga, kotoran yang seharusnya ditarik keluar justru terdorong ke dalam yang bisa menyebabkan gendang telinga pecah. Kedua, untuk hidung yang banyak memiliki pembuluh darah nanti bisa infeksi, yang paling ideal cara membersihkan hidung, ya cuci hidung,” ujarnya.

Sebenarnya ada cara yang paling aman untuk membersihkan kotoran dalam hidung selain dengan mengupil. Hendradewi mengatakan, hidung dapat dibersihkan dengan larutan cairan isotonik. "Hidung adalah organ yang penting pada tubuh manusia. Untuk menjaga kesehatan hidung sehari-hari dapat dilakukan pencucian hidung dengan bantuan larutan isotonik," imbuhnya. * (Adien)


Komentar