Featured Post

Masjid Kocatepe Turki dengan Mimbar Tertinggi di Dunia

Masjid Kocatepe memang pantas disebut sebagai masjid paling megah dan besar di Turki. Dengan panjang 67 meter dan lebar 64 meter, masjid ini mampu menampung 24.000 orang jamaah di dalamnya. Inilah masjid paling besar dan megah yang ada di Turki. Tak boleh dilewatkan saat Anda traveling ke Turki!




Masjid yang terletak di Kota Ankara ini bergaya arsitektur neo-klasik Ottoman. Empat pilarnya yang menjulang tinggi membuat bangunan masjid ini nampak begitu megah. Kita bisa menikmati pemandangan kota Ankara melalui masjid ini.

Ide pembangunan Masjid Kocatepe sebenarnya sudah ada semenjak tahun 1940, sedangkan pembangunannya dimulai pertama kali pada tahun 1957.

Tahun 1967, Vedat Dalokay, melanjutkan kembali pembangunan masjid ini yang sempat terhenti. Ia adalah arsitektur perancang bangunan Masjid Shah Faisal di Islambad, Pakistan, yang juga sempat memenangkan penghargaan internasional. Vedat Dalokay sempat menjadi gubernur di Ankara. Selama masa kepemimpinannya, dua arsitektur rumah ibadah Islam modern terkenal bernama M. Fatin Uluengin dan Husrev Tayla juga turut ‘menorehkan’ karya mereka di bangunan Masjid Kocatepe.






Punya Mimbar tertinggiKalau di Indonesia seluruh wanita yang melaksanakan sholat selalu mengenakan mukena, maka lain halnya di Turki. Dikutip dari Najmar di bukunya “Finding Rumi”, ia menyatakan kalau para wanita Turki tak satupun yang mengenakan mukena ketika sholat, tetapi tetap menutup semua aurat. Menurut Najmar ibadah dipengaruhi oleh kultur atau budaya setempat.

Masjid Kocatepe begitu ramai dikunjungi turis muslim saat liburan ke Turki. Masjid ini memiliki mimbar imam yang terletak di atas sebuah tangga, sehingga seluruh jamaah bisa melihat imam saat berkhotbah.

Masjid terbesar di Turki ini memang terkesan mewah. Di dalam masjid dihiasi dengan ukir-ukiran cantik dan indah di dindingnya, belum lagi lampu kristal nan mewah menghiasi langit-langit masjid. Lampu itu dilapisi dengan warna-warna yang menawan dan pernak-pernik berwarna perak. Bagi yang menyaksikan, dekorasi tersebut mengingatkan akan sistem tata surya di mana matahari menjadi planet yang terbesar dan dikelilingi oleh planet-planet yang mengorbitnya




Di permukaan kubah terdapat pula ruas-ruas dimana kaligrafi Al-Quran menjadi dekorasinya. Beberapa bagian dinding Masjid Kocatepe dihiasi oleh keramik-keramik berwarna biru. Kehadiran keramik tersebut berkombinasi indah dengan kaligrafi Al-Quran yang ditulis dengan tinta berwarna emas serta warna gelap yang menjadi background-nya. Kombinasi aneka warna jendela, seperti merah, biru, kuning, hijau dan kuning semakin mempercantik masjid ini. Tak ketinggalan di basement terdapat pusat perbelanjaan yang cukup besar. Anda bisa membeli aneka barang menarik di pusat perbelanjaan bawah masjid ini.*

Komentar