Featured Post

Hantu Sendu dalam 'A Ghost Story'

Casey Affleck mengalami kecelakaan. Dia dilarikann ke rumah sakit. Di ruang rawat rumah sakit, ketika ia terjaga, dia harus menghadapi kenyataan bahwa dia bukan lagi manusia. 




Selama 90 menit kita akan menyaksikan eksistensi sesosok hantu yang belum bisa menerima takdirnya bahwa kini dunianya sudah berubah. Wujudnya berbungkus selimut dengan bolongan untuk matanya. Mengingatkan kita pada masak kanak-kanak saat main hantu-hantuan. 

Kita tidak akan menemukan tubuh berdarah-darah atau wajah yang menyeramkan, apalagi degup jantung yang seperti mau copot. Alur yang sangat lambat dengan minim dialog dan sound, mungkin bakal membuat penonton terkantuk-kantuk. 

Dari rumah sakit, Affleck berjalan balik ke rumahnya, di mana ia mendapati istrinya, Rooney Mara, sedang berkabung. Melihat istrinya menghabiskan pie kiriman tetangga hingga setengah piring besar seperti tengah berusaha melupakan kedukaannya. Adegan ini menakjubkan karena selama 5 menit -sungguh tanpa potong- Mara sanggup menelan pie itu hingga setengah piring besar! 




Di sini penonton larut dalam kisah cinta yang sendu. Sebagai pasangan yang baru menikah dan baru saja menempati rumah itu, tentu saja merupakan masa-masa berat bagi Mara. 

Mengamati kesedihan istrinya, Affleck berdiam di sudut kamar, di dapur, bahkan di jendela. Sama sekali jauh dari kesan film horor. Hingga suatu kali datang laki-laki mengisi kehidupan Mara dan membuat hantu Affleck patah hati. 

Sang hantu Affleck semakin kehilangan ikatan dengan sekelilingnya ketika Mara harus pergi meninggalkan rumah mereka bersama kekasih barunya. Hantu Affleck sunyi sendiri di rumah itu. Sampai datang penghuni baru dan Affleck berusaha membuat mereka tidak betah. Kita bisa merasakan kesedihan Affleck yang begitu dalam. Film ini menghantui kita secara emosi. Perasaan menohok saat melihat hantu Affleck terus menetap di rumah itu, walaupun rumah itu telah rapuh. Seolah menunggu seseorang walau ia tidak tahu lagi siapa yang ia tunggu. 

Salut untuk film ini. Sutradara David Lowery yang keren serta dua pemainnya yang luar biasa. 


Film dibuka dengan kisah cinta Affleck dan Mara (C dan M), pasangan baru saja menempati rumah usang di pinggiran kota yang sepi. Di malam hari, mereka mendengar suara-suara aneh. M ingin pindah rumah, sementara C suka dengan rumah itu. Konflik kerap timbul karena rumah. 

Sampai terjadilah kecelakaan itu. 

Di satu adegan, sang hantu Affleck melihat hantu tetangga (yang juga dalam wujud seprei) mengakhiri perjalanannya saat sadar akan hakikatnya. Sama juga seperti yang kelak terjadi padanya.*



Mau lihat film yang lebih tricky, cerdas, dan tak terduga? Yuk, meluncur Kecerdikan Penulis Memainkan Plot dalam Film Shimmer Like 

Komentar