Featured Post

Air Cucian Beras untuk Wajah Agar Bersih dan Cerah

Air cucian beras biasanya langsung kita buang begitu saja usai mencuci beras yang akan kita masak. Padahal, air cucian beras banyak mengandung manfaat terutama untuk kulit wajah.

Foto: Google

Selain ampuh memutihkan dan mencerahkan kulit wajah, air cucian beras juga efektif mengatasi jerawat serta menyamarkan noda bekas jerawat dan mengatasi komedo.

Kandungan gizi beras yang tertinggi terdapat pada kulit arinya, yaitu kulit terluar dari biji padi yang telah dikupas. Sayangnya, lapisan kulit terluar ini mudah larut dalam air. Sehingga hanya sekali cuci saja, warna air langsung berubah menjadi putih keruh.

Di dalam air cucian beras tersebut ternyata terkandung sebagian besar nutrisi beras. Di antara adalah vitamin B1, vitamin B3, serat, asam lemak esensial, serta zat besi. Di dalam air cucian beras juga terkandung γ-oryzanol (gamma oryzanol). Gamma oryzanol merupakan kelompok vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Itu sebabnya banyak yang menggunakan air cucian beras untuk mencuci muka.

Setiap kali Anda mencuci beras, air cucian beras pada bilasan yang kedua, sisihkan, jangan dibuang. Lalu diamkan selama setengah jam, dan gunakan untuk membersihkan wajah. 


Atau, Anda bisa menggunakan cara ini, seperti dilansur dari laman Boldsky:

- Isi satu cangkir dengan beras, cuci sebentar agar debu dan kotoran hilang, buang airnya.

- Tuangkan lagi air bersih ke dalam beras tadi, aduk dengan tangan sebentar saja. Diamkan selama 30 menit agar nutrisi yang terkandung pada beras masuk ke dalam air.

- Pisahkan air dari beras, lalu basuh wajah dengan air tersebut. Pijat lembut dengan jari-jari selama 6 menit. Bilas dengan air bersih, keringkan dengan handuk.

Lakukan sesering mungkin agar mendapatkan wajah yang bersih, putih bersinar dan bebas jerawat. (BabeMoel)




Komentar