Featured Post

Kenali Rasa Nyeri atau Sakit Pada Dada Kiri

Nyeri pada dada seperti ditusuk atau ditekan sering dikaitkan dengan serangan jantung. Padahal rasa nyeri yang dimulai dari bahu hingga ke tulang rusuk, atau di bagian dada sebelah kiri itu, disebabkan oleh beberapa faktor. 





Pernahkah Anda merasakan sakit atau nyeri di sekitar dada kiri, tepatnya di bawah payudara? Sakit di bagian dada ini memang harus ditanggapi dengan serius, tetapi bukan berarti menjadi panik. Sebaiknya kenali dulu apa saja penyebab sakit dada sebelah kiri dan gejala-gejala yang menyertainya. 


Berikut ini beberapa gangguan yang dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri, dilansir dari alodokter: 


Angina
Gejala yang timbul adalah dada terasa sesak atau rasa sakit tajam seperti kram otot pada dada sebelah kiri, sesak napas, dan mungkin akan merasa sangat lelah. Biasanya terjadi setelah aktivitas fisik yang membuat jantung bekerja lebih keras. Ini adalah kondisi yang disebabkan oleh menyempitnya arteri ke jantung, sehingga aliran darah tidak mengalir normal. 

Gangguan saluran cerna
Gas yang menumpuk pada tubuh mendorong usus sehingga timbul sakit di dada. Gejala ini ditandai dengan perut terasa kembung dan sering bersendawa. Gangguan saluran pencernaan lain adalah GERD (gastro esophageal reflux disease), yang mana terdapat aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan. Asam lambung dapat merusak kerongkongan dan menyebabkan nyeri ulu hati.
Masalah pada paru-paru
Gejala yang timbul adalah sakit pada dada di sebelah kiri yang makin terasa saat bernapas dan diiringi dengan batuk atau napas yang terengah-engah. 

Stres
Gejala yang timbul hampir sama, terasa sakit pada bagian dada sebelah kiri dan napas yang sesak. Stress bisa menyebabkan dada begitu sakit. Apalagi bila Anda memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan minum beralkohol. Namun begitu, stress yang dibiarkan berlarut-larut bisa lenjut pada serangan jantung.

Cedera
Cedera pada dada, seperti otot yang meregang atau saraf yang tertekan dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri. Rasa sakit akibat saraf yang tertekan juga dapat menyebabkan mati rasa pada lengan yang sering kali disalahartikan sebagai serangan jantung.

Serangan jantung
Ini terjadi saat aliran darah ke otot jantung tiba-tiba terhambat. Anda akan merasa dada Anda ditekan, diremas, dan muncul rasa berat dalam rongga dada, dan diiringi dengan rasa seperti nyeri pada ulu ati. Serangan juga disertai dengan rasa sakit seperti ditusuk-tusuk atau mati rasa pada lengan kiri, yang dapat merambat ke lengan kanan. Lengan dapat terasa lebih lemah atau lebih berat dari biasanya.
Saat serangan jantung muncul, dapat terjadi gejala sesak napas, rasa lelah yang luar biasa, keringat dingin, dan sakit kepala. Gejala yang muncul bisa berbeda pada tiap orang.



Pentingnya Penanganan Tepat

Ketika rasa sakit pada dada mulai muncul, segeralah berbaring. Perlahan ambil napas pendek beberapa kali. Lepaskan pakaian yang terlalu mengikat dan minum air putih hangat. Cobalah untuk menenangkan diri, dan minum obat pereda sakit. Jika rasa sakit kian bertambah, segera minta pertolongan medis, terutama jika dalam 15 menit sakit terasa terus menerus.* (BabbeMoel)

Komentar