Featured Post

Chef Handal Dunia Charlie Trotter

Memasak adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Bahkan, banyak yang mengambil sekolah khusus kuliner atau memasak demi menjadi koki handal. Namun, ternyata banyak juga yang menjadi koki handal dengan cara otodidak, yaitu belajar memasak sendiri lewat buku-buku dan kursus singkat. Tak hanya pandai memasak, bahkan koki-koki itu memiliki restoran terkenal. Salah satunya adalah Charlie Trotter. 



Pria kelahiran 8 September 1959, tidak berasal dari keluarga pecinta masakan. Dia masuk ke dapur dan belajar memasak di usia 14. Dia pernah mengikuti kursus memasak tetapi hanya sebentar, lalu dia senang memasakkan teman-teman sekamarnya saat di perguruan tinggi. Dia banyak belajar aneka masakan dari berbagai buku resep dan mempraktekkannya. Sesekali dia mencicipi makanan di restoran terbaik untuk mengetahui cita rasa makanan di sana lalu mencoba di dapurnya sendiri. Banyak yang menyukai masakannya. 

Di usia 28, Trotter membuka restoran Eponymous Chicago. Restoran itu menjadi salah satu tempat makan terbaik, bahkan hingga terkenal di banyak negara. Restoran itu telah menerima penghargaan, termasuk James Beard Awards, dan lima bintang dari Mobil Travel Guide. Trotter telah mengikuti pelatihan memasak di 40 restoran sebelum akhirnya ia membuka restoran Charlie Trotter's di Chicago, Amerika Serikat, pada 1987. Restoran tersebut langsung populer dan akhirnya memperoleh dua bintang Michelin.


websembilan



Pada tahun 2000, Trotter membuka Trotter To Go, sebuah usaha toko ritel di lingkungan Lincoln Park Chicago. Setelah itu Trotter memperluas kerajaan kuliner ke Las Vegas, di mana ia memiliki Restaurant Charlie dan Bar Charlie. Trotter juga menulis 14 buku masak. 

Di luar upaya kuliner, Trotter telah memulai sejumlah kegiatan filantropis, termasuk mendukung amal nasional dan internasional. Di antaranya adalah Yayasan Pendidikan Kuliner Charlie Trootter. Sejak awal tahun 1999, Trotter menjadi tuan rumah untuk acara makan malam mingguan bagi siswa SMA.

Trotter menerima penghargaan di Gedung Putih dari Presiden Bush dan Colin Powell untuk pengabdiannya dan dia termasuk dalam lima "pahlawan" yang harus dihormati oleh Colin Powell, Amerika Promise. Dia wafat pada Selasa pagi, 5 November 2013.*



Komentar