Featured Post

Jangan Dibuang. Kulit Pisang Enak Juga Loh Dimakan.


Jangan buang kulit pisang sembarangan karena bisa mencelakakan orang. Nah, daripada dibuang, mending dijadikan makanan.



Makan kulit pisang? Ya, ya, ya. Pastinya sudah tahu dong, kalau di India sana bahkan kulit pisang bisa dijadikan campuran makanan. Nah, di Indonesia sudah banyak orang yang menjadikan kulit pisang sebagai camilan, seperti keripik, manisan, bolu, dan masakan lainnya.

Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini disukai banyak orang. Daingnyayang empuk dan pulen mengandung banyak vitamin. Kulitnya yang lunak membuat kita mudah membukanya dan menikmati daging buahnya.

Dikutip dari Reader's Digest, kulit pisang mengandung antioksidan seperti karotenoid dan polifenol. Senyawa ini dikenal baik untuk cegah diabetes, serangan jantung, dan kanker. Bahkan di India, beberapa menu masakan juga terbuat dari kulit pisang. Di sana kulit pisang direbus kemudian dicincang lalu dimasukkan ke dalam masakan, dan hal itu sudah sangat lumrah.

Kulit pisang mengandung senyawa anti jamur, agen antibiotik, serat, dan berbagai nutrisi lain. Kulit pisang juga meningkatkan kekebalan tubuh. 




Lalu bagaimana cara mengolahnya?

Kulit pisang bisa digoreng, dipanggang, atau direbus. Kita harus mengetahui pisang yang sudah masak yang menghasilkan kulit yang tipis dan manis. Untukkulit pisang yang bertekstur tebal dan rasanya lumayan pahit perlu untuk melumatkannya menjadi smoothie. Laman Times of India menyebutkan bahwa para pakar gizi menyarankan untuk melumatkan kulit pisang menjadi smoothie, lalu digoreng sejenak, bisa juga dibakar atau direbus selama 10 menit. Namun, harus dipastikan kulit pisang dicuci sampai bersih sebelum diolah​.

Laman cookpad melampirkan menu masakan di mana bahan-bahannya berasal dari kulit pisang. Namanya Manisan Kupis (kulit Pisang). Mau coba?

Siapkan 3 buah kulit pisang ukuran besar yang sudah dicuci bersih, lalu potong-potong. Siapkan gula pasir sekitar 8 sendok makan, 1 lembar daun pandan, garam, ½ sendok makan kapur sirih, dan 4 sendok makan air.

Rendam kulit pisang dengan air kapur sirih selama 1 jam, kemudian cuci hingga bersih.

Didihkan air, rebus kulit pisang dan dibolak-balik sebentar saja, lalu tirisnya.

Masukkan gula,garam, daun pandan, dan 4 sendok makan air. Aduk, lalu masukkan kulit pisang yang sudah ditiriskan tadi, masak hingga mengental. Angkat. Dinginkan. Manisan kulit pisang siap disantap.

 
Nah, kalau yang tertarik mengolah kulit pisang menjadi camilan kripik, ini resepnya, diambil dari sebuah situs carabuatresep blogspot.

Pilih kulit pisang yang masih hijau dan mentah untuk resep ini. Kulit pisang kemudian direbus sekitar setengah jam. Tiriskan, potong-potong, dan diblender untuk diperas airnya. Ampas kulit yang sudah halus dicampur dengan komposisi adonan tepung tapioka 60 persen : kulit pisang 40 persen. Bahan untuk bumbunya adalah bawang putih dan garam. Adonan diulet dan dibungkus daun atau plastik seperti lontong untuk kemudian dimasukkan ke kulkas. Setelah itu, lontong kulit pisang tadi dikukus selama dua jam, untuk diiris tipis, dijemur kemudian digoreng.* (Erin)



Yuuk, cobain....







*Sebagian tulisan di atas telah ditayangkan di ucweb yang kemudian diolah kembali untuk kepentingan blog ini.

Komentar